Selasa, 11 Maret 2008

GERAKAN SENI DAN KRIYA (ART AND CRAFT MOVEMENT)

Gerakan seni dan kriya

Gerakan seni dan kriya atau lebih dikenal dalam bahasa Inggris sebagai art and craft movement adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara massal, yang dianggap sebab utama hilangnya keindahan individual.

Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, roccoco, dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti.

Klasifikasi

Secara garis besar, art and craft movement terbagi atas dua aliran besar, yaitu:

  1. Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis
  2. Stilasi desain oleh kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau

Contoh Karya

  • Cover majalah studio 1888 - tidak dikenal
  • Cover majalah "Craftsman" - Gustav Sticley
  • Halaman buku "Morte'd Arthur" - Aubrey Breadsley

Contoh Seniman

  • William Morris
  • Owen Jones
  • Gustav Sticley
  • Aubrey Breadsley
  • Arthur Mc. Murdo
  • Adolf Loos
  • Michael Tonet


“Artichoke”, oleh Henry Dearle untuk William Morris, circa 1897.

Adalah pergerakan revormis yang terpengaruh Inggris dan arsitektur Amerika, seni dekoratif, pembuatan lemari, kriya, dan bahkan “cottage” desain taman dari William Robinson atau Gertrude Jekyll. Lebih dikenal dengan praktisi adalah William Morris, Charles Robert Ashbee, dkk. Dan artis-artis lain di dalam pergerakan pra-Raphaelit.

Di Amerika, istilah Kriya Amerika atau Gaya Kriya sering digunakan untuk menyumbangkan gaya dari arsitektur, interior desain, dan seni dekorasi yang berlaku antara era dominant dari Art Nouveau dan Art Deco, atau period kasar dari 1910 sampai 1925.

Originalitas dan Kunci Pokok

Pergerakan seni dan kriya dimulai sebagai pencarian untuk gaya otentik dan berarti dari abad 19 dan sebagai reaksi kepada kebangkitan elektik dari gaya sejarah dari era Victorian dan “soulness” produksi mesin yang dibantu oleh revolusi industri. Mempertimbangkan mesin menjadi akar sebab dari semua repitisi, beberapa dari protagonist dari pergerakan ini seluruhnya berubah dari pemakaian mesin dan kerajinan tangan, yang cenderung lebih konsentrasi ke produksi tangan mereka.

Sementara pergerakan seni dan kriya dalam bagian besar dari reaksi ke industrialisasi, jika melihat keseluruhannya, ini antara anti industrial ataupun anti modern. Beberapa dari golongan Eropa percaya bahwa mesin faktanya sangat diperlukan, tapi mereka harusnya hanya bisa digunakan untuk memulihkan rasa bosan dari keduniawian, pekerjaan yang berulang-ulang. Pada waktu yang sama, beberapa pelopor seni dan kriya merasa bahwa objek juga harus bisa memberi penghasilan. Konflik antara kualitas produksi dan desain ‘demo’, dan percobaan untuk memperbaiki keduanya, perdebatan mengenai desain yang mendominasi pada akhir abad 20an.

Yang mencari perjanjian antara efisiensi dari mesin dan kemampuan dari pengrajin bisa menguasai mesin untuk melakukan pekerjaannya, dalam perlawanan yang banyak orang percaya menjadi kenyataan sewaktu era industrial sebagai contoh, manusia telah menjadi budak dari industrial mesin.



Pusat Pemadam Kebakaran Glebe, Sydney, Australia, dalam gaya seni dan kriya.

Walaupun personalitas spontanius dari desainer menjadi lebih terpusat dibanding “gaya” historikal dari desain, tendensi tertentu telah berdiri: pengaruh reformis neo-gothik, kasar dan permukaan seperti “pergubukan”, pengulangan desain, vertical dan bentuk yang diperpanjang. Untuk mengekspresikan kecantikan yang melekat dalam kriya, beberapa produk dengan hati-hati dibiarkan terlihat aga tidak terselesaikan, menghasilkan beberapa efek kasar dan berdegap. Ada juga beberapa sosialis yang agak melunak pada pergerakan ini, dalam tujuan utama lainnya adalah para pengrajin untuk mengambil kepuasan dari apa yang telah mereka hasilkan. Kepuasan ini, dirasakan gerakan dari pendukung ini, benar-benar ditolak total dari proses industri yang melekat dalam produksi mesin.

Faktanya, pendukung dari gerakan seni dan kriya melawan filosofi dari divisi buruh, dimana dalam beberapa kasus bisa menjadi independent dar i kehadiran atau absensi dari mesin. Mereka adalah ide dari para pengrajin, menciptakan semua bagian dari item furnitur, untuk singkatnya, dan juga mengambil bagian dari perkumpulan dan penghabisan, dengan beberapa kemungkinan yang dibantu oleh para pemagang. Ini terjadi dalam kontr as untuk lingkungan pekerja seperti French Manufactories, dimana semua diorientasikan terhadap kemungkinan produksi tercepat. Gerakan seni dan kriya mencoba untuk menyatukan kembali apa yang telah direngut dengan hancur remuk dalam pekerjaan manusia secara alami, mempunyai kerja desainer dengan tangannya pada setiap langkah kreasi. Beberapa dari gerakan rasul terkenal, seperti Morris, adalah lebih dari harapan untuk mendesain suatu produk untuk produksi mesin, dimana ini tidak terlibat dalam divisi yang susah dari pekerja dan kehilangan talenta dalam kerajinan, dimana mereka mence la. Morris mendesain beberapa karpet untuk diproduksi oleh mesin.

Sejarah dari Pergerakan

Red House, Bexleyheath, London (1859), oleh arsitek Philip Webb untuk Morris, adalah eksemplar kerja dari pergerakan ini dalam langkah awalnya. Ada unsur kesengajaan saat mengekspresikan permukaan tekstur dari material biasa, seperti batu dan marmer, dengan asimetrik dan komposisi bangunan aneh. Kemudian Morris membentuk Kelmscott Press dan juga mempunyai took dimana ia mendesain dan menjual produk seperti wallpaper, tekstil, furnitur, dll. Ide Morris muncul dari pemikiran bahwa telah menginformasikan pre-Rafaelitisme, terutama mengikuti publikasi dari buku Ruskin. Buku dari The Stones of Venice dan Unto This Last, keduanya mencoba untuk menghubungkan kesehatan moral dan social dari bangsa kepada kualitas dari arsitektur dan desain. Menurunnya kerajinan pedesaan, mencocol kebangkitan dari social industrialisai, adalah penyebab untuk kekhawatiran untuk banyak desainer dan reforma social, yang takut kekurangan kemampuan dan kreatifitas tradisionalnya. Bagi Ruskin, bangsa yang sehat tergantung dari kemampuan dan pekerja kreatif. Morris dan desainer social lainnya seperti Crane dan Ashbee melihat kedepan untuk masa depan masyarakat tentang kebebasan para pengrajin. Gerakan estetik, yang muncul pada period yang sama, dimasukkan kedalam ide ini. Pada 1881 Home Arts and Industries Association telah disiapkan oleh Eglantyne Louisa Jebb dalam kolaborasi dengan Mary Fraser Tytler (kemudian diganti namanya menjadi Marry Watts) dan lainnya untuk mempromosikan dan melindungi kerajinan pedesaan. Grup dari reformis arsitek, pengikut dari Arthur Mackmurdo, yang kemudian mendirikan Art Workers Guild untuk mempromosikan visi mereka dari integrasi desain dan pembuatan. Crane terpilih sebagai presidennya.

Di Amerika pada akhir 1890an, arsitek, desainer, dan pengajar Boston yang paling berpengaruh memutuskan untuk membawa kepada Amerika reformasi desain y ang dimulai di Inggris oleh William Morris. Pertemuan pertama diadakan pada 4 Januari1987 di Museum of Fine Arts (MFA) untuk mengatur ekshibisi dari kerajinan kontemporer.

Eksibisi seni dan kriya Amerika pertama dibuka pada tanggal 5 April 1897 di Copley Hall, menampilkan lebih dari 1000 objek yang dibuat oleh 160 pengrajin, separuh darinya adalah wanita. Beberapa dari pendukung eksibisi adalah para arsitek, reforma social dan desainer grafik.

Kesuksesan besar dari eksibisi ini memimpimpin perkumpulan seni dan kriya, pada 28 Juni 1897, dengan mandate untuk “mengembangkan dan mendukung standar yang lebih tinggi dalam kerajinan tangan.” 21 penemu tertarik lebih dari penjualan, dan berfokus pada hubungan desaine dengan dunia komersial, mendukung para artis untuk kerja dengan menghasilkan kualitas tertinggi dari desain-desainnya.

Pengaruh Pada Seni Masa Kini

Perhelatan besar-besaran di Eropa, gerakan seni dan kriya kualitas dari kesederhanaanya dan kejujuran dari materi-materi bersejarah menginspirasi para desainer seperti Henry van de Velde dan gerakan seperti Art Nouveau, para Belanda De Stijl, Vienna Secession, dan akhirnya Bauhaus. Pergerakan bisa di akses sebagai intro ke modernisme, dimana bentuk asli, dari asosiasi sejarah, bisa sekali lagi diterapkan ke produksi industrial.

Di Rusia, Viktor Hartmann, Viktor Vasnetsov, dan artis lainnya bergabung dengan Abramtsevo Colony mencoba untuk bangkit dari spirit dan kualitas dari seni dekoratif Rusia pada abad pertengahan dalam pergerakan independent dari Inggris Raya.

The Wiener Werkst├Ątte, ditemukan pada tahun 1903 oleh Josef Hoffmann dan Koloman Moser, mempunyai peran independent dalam perkembangan moderenisme dengan gaya Wiener Werkst├Ątte.

Kebangkitan dari Desain dan Kerajinan Tangan.

Sir Percival oleh Crane dari The Arthurian Legends by Crane from the Arthurian Legends

Dekoratif artis dan pengrajin hingga kini mempunyai kesempatan kecil untuk menampilkan hasil karya mereka di depan public karena seni lebih banyak dilihat daripada dibicarakan.

Dalam kondisi seperti ini dalam menghormati suatu karya seni tanpa suatu penjelasan sejak hal tersebut tidak bisa ditolak bahwa system moderen industrial daripada elemen pribadi yang sangat penting untuk semua bentuk seni, telah dipercaya lebih jauh sampai produksi yang disebut dengan objek ornamental dan penyedia dari tambahan ornamental secara umum, selain sebagai pertumbuhan organic, kebutuhan telah menjadi suatu aplikasi yang salah dari mesin yang secara murni bertujuan untuk komersial.

Pada akhir tahun, kebangkitan telah menjadi protes melawan keyakinan bahwa dengan semua mesin kita yang moderen, nyaman, dan mahal, hidup semakin bertambah buruk Kita tidak bisa mengkonsentrasikan perhatian kita dari gambar dan seni grafis dan menghormatinya sebagai satu bentuk yang harus dikejar tanpa kehilangan rasa dari membangun dan kekuatan dari adaptasi dalam desain pada semua material dan tujuan.

Pergerakan, bagaimanapun, menuju kearah kebangkitan dari desain dan kerajinan tangan, usaha untuk bersatu atau kembali bersatu, para artis dan pengrajin oleh kondisi industrial dari abad kami telah bertumbuh dan mempersatukan kekuatan dari masa lalu.

Ini merefleksikan seni dari kemajuan intelektual dari kebutuhan filosofi fundamental dan ekspresi praktikal dari kondisi filosofi. Ini benar bahwa banyak sisi perbedaan dan manifestasi dan dibawah banyak pengaruh dan paks
aan dari tujuan berbeda.Kemajuan ini merepresentasikan beberapa arti dari revolusi melawan mesin konvensional yang keras dan insensibilitasnya terhadap keindahan. Ini adalah protes melawan apa yang disebut dengan kemajuan indsutri dimana menghasilkan peralatan-peralatan yang kurang bermutu.

Lily Maid of Astolat oleh Crane dari the Arthurian Legends

Seni dan Kriya



Apa itu gerakan Seni dan Kriya?

Gerakan Seni dan Kriya adalah kemajuan seni yang paling penting dan paling berpengaruh yang muncul dari Inggris pada akhir 250 tahun ini.

Istilah paling sederhana dari gerakan seni dan kriya adalah ferakan seni yang didasarkan dari garis bersih dan bentuk fungsional, lebih ke penggunaan material dan

Kegunaan alam sebagai sumber dari semuanya. Ini adalah reaksi melawan fashion Victorian untuk inventif yang menipu dan desain yang terlalu berlebihan.



William Morris adalah figure ayah dari gerakan seni dan kriya dan mengembangkan ketiga filosofinya: kejujuran, dan desain fungsional, penggunaan dari pola alam, dan pentingnya kreatif, kerja manual.

Desainer seni dan kriya tidak percaya dalam memecahkan suatu tradisi. Mereka melihat masa lalu untuk inspirasi untuk masa depan. Gerakan seni dan kriya menginspirasi semua lapisan masyarakat, termasuk aristokratik. Wanita dan para professional. Edukasi merupakan elemen yang sangat penting dari gerakan. Mempersiapkan workshop kriya dan menyediakan pelatihan dalam keahlian keterampilan dilihat sebagai suatu komplementari. Emfasisnya adalah membelajari dengan latihan.

Ini adalah pergerakan yang menantang suatu rasa dari era Victorian yang diinspirasikan oleh kekhawatiran para sosialis seperti Walter Crane dan John Ruskin, bersama dengan idealis dari para reformer dan desainer.


Gerakan seni dan kriya dikembangkan di Inggris pada abad 19. Kemudian setelah itu, gaya ini diambil oleh para desainer Amerika dengan beberapa hasil yang berbeda. Di Amerika Serikat, gaya seni dan kriya dikenal dengan Mission Style.










Tidak ada komentar: