Bauhaus
Bauhaus adalah sekolah yang didirikan oleh para seniman, diberi istilah “Rumah Gedung” atau “Gedung Sekolah” adalah istilah yang umum untuk Staatliches Bauhaus, sebuah sekolah di Jerman yang mengkombinasikan kriya dan seni murni, dan untuk pendekatan ke desain yang dipublikasikan dan diajarkan. Beroperasi dari tahun 1919 sampai 1933. Sekolah Bauhaus didirikan oleh Walter Gropius di Weimar. Meskipun namanya dan fakta bahwa penemunya adalah seorang arsitek, Bauhaus tidak mempunyai departemen arsitektur untuk beberapa tahun di awal kelahirannya.
Sekolah Bauhaus muncul di tiga kota di Jerman yaitu Weimar dari tahun 1919 sampai 1925, Dessau 1925 sampai 1932, dan Berlin 1932 sampai 1933, dibawah tiga pemimpin arsitek yang berbeda: Gropius dari tahun 1919 sampai 1927, Hannes Meyer 1927 sampai 1930 dan Ludwig Mies van der Rohe 1930 sampai 1933, sewaktu sekolah tersebut tutup akibat rezim Nazi. Perubahan keadaan dan kepemimpinan dihasilkan dalam pergantian focus yang konstan, teknik, instruktur, dan politik. Sewaktu sekolah Bauhaus pindah dari
Bauhaus dan Modernisme Jerman
Yayasan dari Bauhaus terjadi pada masa pergolakan politikal dan kultural di Jerman. Banyak sayap kiri Jerman yang terpengaruh oleh beberapa dari eksperimentasi budaya yang diikuti oleh revolusi Rusia, seperti konstruktivisme. Pengaruh seperti ini bisa ditekan dengan keras: Gropius sendiri tidak membagi pandangan radikal ini, dan berkata bahwa Bauhaus sepenuhnya tidak mengandung unsur politikal. Hanya sama pentingnya bahwa pengaruh pada abad 19 dari desainer Inggris William Morris, yang telah berdebat bahwa seni harus bertemu dengan kebutuhan dari masyarakat dan bahwa disana tidak boleh ada perbedaan antara bentuk dan fungsi. Sehingga
Pengaruh paling penting atas Bauhaus adalah modernisme, sebuah kemajuan cultural yang secara original terdapat pada dari tahun 1880an, dan dimana telah membuat kehadirannya sendiri terasa di Jerman sebelum Perang Dunia I, meskipun konservatisme telah tersebar luas. Inovasi desain telah umu di asosiasikan dengan Gropius dan Bauhaus –bentuk radikal yang simple, rasionalitas dan fungsionalitas, dan ide bahwa mass-production telah di damaikan dengan spirit artistic dari individual—telah menjadi bagian yang berkembang di Jerman sebelum Bauhaus ditemukan. Organisasi nasional desainer Jerman Deutscher Werkbund dibentuk pada tahun 1907 oleh Hermann Muthesius untuk memanfaatkan potensi baru dari mass-production.
Bauhaus ditemukan sewaktu Jerman telah berubah dari ekspresionisme emosional ke objektivitas baru. Seluruh grup arsitek, termasuk Erich Mendelsohn, Bruno Taut, dan Hans Poelzig, berbalik dari eksperimentasi fantasi ke rasional, fungsional, dan standarisasi gedung. Dibalik Bauhaus, banyak signifikan lain dari juru bicara arsitek Jerman pada tahun 1920an merespon isu estetik yang sama dan kemungkinan-kemungkinan material seperti sekolah. Mereka juga meresponden ke perjanjian dari “minimal dwelling” ditulis kedalam konstitusi
Sejarah dari Bauhaus
Sekolah Bauhaus ditemukan oleh Gropius di Weimar pada tahun 1919 sebagai penggabungan dari Grand Ducal School of Arts and Craft dan Weimar Academy of Fine Art. Akar ini terdapat dalam sekolah seni dan kriya yang ditemukan oleh Grand Duke of Saxe-Weimar-Eisenach pada tahun 1906 dan dipimpin oleh arsitek Art Nouveau Belgia, Henry van de Velde. Sewaktu van de Velde dipaksa untuk mundur pada tahun 1915 karena ia seorang Belgian, ia menyarankan Gropius, Hermann Obrist, dan August Endell untuk terus menjadi pelopor. Pada tahun 1919, setelah penundaan diakibatkan oleh kehancuran dari Perang Dunia I dan panjanganya perdebatan mengenai ideological dan rekonsiliasi sosio-ekonomi dari seni murni dan seni yang diterapkan, Gropius membuat seorang pemimpin sebuah institusi integrasi baru yang disebut dengan Bauhaus. Pada pamphlet untuk eksibisi April 1919 berjudul “Exhibition of Unknown Architects”, Gropius mengklaim bahwa tujuannya adalah untuk “menciptakan serikat kerja baru bagi para seniman, tanpa perbedaan kelas dimana meningkatkan rintangan kearoganan antara seniman dan artis.” Pada awal tujuannya hanya untuk Bauhaus untuk mengkombinasikan sekolah arsitektur, sekolah kriya, dan akademi seni. Pada tahun 1919 pelukis Swis Johannes Itten, pelukis Jerman-Amerika Lyonel Feininger, dan pemahat Jerman Gerhard Marcks, bersama dengan Gropius, mendirikan fakultas Bauhaus. Dengan tahun-tahun berikutnya ranking mereka telah meningkat termasuk pelukis Jerman, pemahat, dan desainer Oskar Schlemmer dan pelukis Swiss Paul Klee, bergabung pada tahun 1922 oleh pelukis Rusia Wassily Kandindsky. Tahun yang menggemparkan di Bauhaus, 1922 juga melihat pindahnya pelukis Belanda Theo van Doesburg ke Weimar untuk mempromosikan De Stijl, dan berkunjung ke Bauhaus dengan konstrukstivis Rusia dan arsitek El Lissitzky.
Dari tahun 1919 sampai 1922 sekolah dibentuk ole ide-ide yang berhubungan dengan pendidikan dan ide estetik dari Johannes Itten, yang mengajar Vorkurs atau ‘kursus pendahuluan’ merupakan introduksi ke ide dari Bauhaus. Itten dengan berat dipengaruhi dari cara ia mengajar ide-idenya dan untuk menghormati estetik.
Majalah Bauhaus disebut Bauhaus dan beberapa serinya disebut "Bauhausbücher".
Dampak
Bauhaus mempunyai dampak utama dari seni dan tren arsitektur di Eropa Utara, Amerika, dan
Salah satu dari objek utama dari Bauhaus adalah bergabungnya seni, kriya, dan teknologi. Mesin lebih dianggap sebagai elemen yang positif, industri dan desain produk merupakan komponen yang sangat penting. Vorkurs atau kursus dasar telah diajarkan, ini adalah era modern “Desain Dasar” yang telah menjadi kunci fundamental yang menawarkan arsitektural dan sekolah desain ke seluruh dunia. Salah satu kontirbusi penting Bauhuas adalah desain modern arsitektur.
Banyak artis yang terkemuka yang mengajar di Bauhaus, salah satunya adalah Piet Mondrian.
Piet Mondrian.
Dia adalah kontributor penting terhadap perkembangan seni De Stijl (The Style), ia mengembangkan bentuk non-representasional dimana ia beri istilah dengan Neo-Plasticism. Ini terdiri dari jaringan antara horizontal dan vertical yang diberi outline dan penggunaan tiga warna primer.
T. Lux Feininger, Sport at the Bauhaus, c. 1927, Vintage print
Pegangan dari Arsip Bauhaus meliputi berbagai macam bidang koleksi, disediakan dalam dokumentasi unik tentang sejarah Bauhaus, dan mempermudah kami untuk mengerti hasil yang telah dicapai dalam sekolah yang didominasikan dengan seni, edukasi, arsitektur, dan desain.
Gedung museum adalah karya terakhir dari Walter Gropius, penemu Bauhaus. Direncanakan pada tahun 1964 untuk
Beberapa gambar tampak gedung Bauhaus:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar