Jumat, 07 Maret 2008

BAUHAUS


Bauhaus

Bauhaus adalah sekolah yang didirikan oleh para seniman, diberi istilah “Rumah Gedung” atau “Gedung Sekolah” adalah istilah yang umum untuk Staatliches Bauhaus, sebuah sekolah di Jerman yang mengkombinasikan kriya dan seni murni, dan untuk pendekatan ke desain yang dipublikasikan dan diajarkan. Beroperasi dari tahun 1919 sampai 1933. Sekolah Bauhaus didirikan oleh Walter Gropius di Weimar. Meskipun namanya dan fakta bahwa penemunya adalah seorang arsitek, Bauhaus tidak mempunyai departemen arsitektur untuk beberapa tahun di awal kelahirannya. Gaya Bauhaus menjadi salah satu yang paling berpengaruh di arsitektur modern dan desain modern. Bauhaus amat sangat berpengaruh dalam perkembangan selanjutnya dalam seni, arsitektur, desain grafis, interior desain, industrial desain dan tipografi.

Sekolah Bauhaus muncul di tiga kota di Jerman yaitu Weimar dari tahun 1919 sampai 1925, Dessau 1925 sampai 1932, dan Berlin 1932 sampai 1933, dibawah tiga pemimpin arsitek yang berbeda: Gropius dari tahun 1919 sampai 1927, Hannes Meyer 1927 sampai 1930 dan Ludwig Mies van der Rohe 1930 sampai 1933, sewaktu sekolah tersebut tutup akibat rezim Nazi. Perubahan keadaan dan kepemimpinan dihasilkan dalam pergantian focus yang konstan, teknik, instruktur, dan politik. Sewaktu sekolah Bauhaus pindah dari Weimar ke Dessau, untuk singkatnya, walaupun sudah ada sumber pendapatan yang penting, pengusaha tembikar gulung tikar. Sewaktu Mies Van mengambil alih sekolah Bauhaus di tahun 1930, ia merubahnya menjadi sebuah sekolah privat, dan tidak memperbolehkan para penyokong dari Hannes Meyer untuk hadir di sekolah tersebut.

Bauhaus dan Modernisme Jerman

Yayasan dari Bauhaus terjadi pada masa pergolakan politikal dan kultural di Jerman. Banyak sayap kiri Jerman yang terpengaruh oleh beberapa dari eksperimentasi budaya yang diikuti oleh revolusi Rusia, seperti konstruktivisme. Pengaruh seperti ini bisa ditekan dengan keras: Gropius sendiri tidak membagi pandangan radikal ini, dan berkata bahwa Bauhaus sepenuhnya tidak mengandung unsur politikal. Hanya sama pentingnya bahwa pengaruh pada abad 19 dari desainer Inggris William Morris, yang telah berdebat bahwa seni harus bertemu dengan kebutuhan dari masyarakat dan bahwa disana tidak boleh ada perbedaan antara bentuk dan fungsi. Sehingga gaya Bauhaus, juga dikenal sebagai Gaya Internasional, yang ditandai dengan kehadiran dari ornamentasi dan oleh keharmonisan antara fungsi dari suatu objek atau gedung dan desainnya sendiri.

Pengaruh paling penting atas Bauhaus adalah modernisme, sebuah kemajuan cultural yang secara original terdapat pada dari tahun 1880an, dan dimana telah membuat kehadirannya sendiri terasa di Jerman sebelum Perang Dunia I, meskipun konservatisme telah tersebar luas. Inovasi desain telah umu di asosiasikan dengan Gropius dan Bauhaus –bentuk radikal yang simple, rasionalitas dan fungsionalitas, dan ide bahwa mass-production telah di damaikan dengan spirit artistic dari individual—telah menjadi bagian yang berkembang di Jerman sebelum Bauhaus ditemukan. Organisasi nasional desainer Jerman Deutscher Werkbund dibentuk pada tahun 1907 oleh Hermann Muthesius untuk memanfaatkan potensi baru dari mass-production.

Bauhaus ditemukan sewaktu Jerman telah berubah dari ekspresionisme emosional ke objektivitas baru. Seluruh grup arsitek, termasuk Erich Mendelsohn, Bruno Taut, dan Hans Poelzig, berbalik dari eksperimentasi fantasi ke rasional, fungsional, dan standarisasi gedung. Dibalik Bauhaus, banyak signifikan lain dari juru bicara arsitek Jerman pada tahun 1920an merespon isu estetik yang sama dan kemungkinan-kemungkinan material seperti sekolah. Mereka juga meresponden ke perjanjian dari “minimal dwelling” ditulis kedalam konstitusi Weimar yang baru. Diterimanya desain modern kedalam kehidupan sehari-hari adalah subjek dari kampanye publisitas.

Sejarah dari Bauhaus

Sekolah Bauhaus ditemukan oleh Gropius di Weimar pada tahun 1919 sebagai penggabungan dari Grand Ducal School of Arts and Craft dan Weimar Academy of Fine Art. Akar ini terdapat dalam sekolah seni dan kriya yang ditemukan oleh Grand Duke of Saxe-Weimar-Eisenach pada tahun 1906 dan dipimpin oleh arsitek Art Nouveau Belgia, Henry van de Velde. Sewaktu van de Velde dipaksa untuk mundur pada tahun 1915 karena ia seorang Belgian, ia menyarankan Gropius, Hermann Obrist, dan August Endell untuk terus menjadi pelopor. Pada tahun 1919, setelah penundaan diakibatkan oleh kehancuran dari Perang Dunia I dan panjanganya perdebatan mengenai ideological dan rekonsiliasi sosio-ekonomi dari seni murni dan seni yang diterapkan, Gropius membuat seorang pemimpin sebuah institusi integrasi baru yang disebut dengan Bauhaus. Pada pamphlet untuk eksibisi April 1919 berjudul “Exhibition of Unknown Architects”, Gropius mengklaim bahwa tujuannya adalah untuk “menciptakan serikat kerja baru bagi para seniman, tanpa perbedaan kelas dimana meningkatkan rintangan kearoganan antara seniman dan artis.” Pada awal tujuannya hanya untuk Bauhaus untuk mengkombinasikan sekolah arsitektur, sekolah kriya, dan akademi seni. Pada tahun 1919 pelukis Swis Johannes Itten, pelukis Jerman-Amerika Lyonel Feininger, dan pemahat Jerman Gerhard Marcks, bersama dengan Gropius, mendirikan fakultas Bauhaus. Dengan tahun-tahun berikutnya ranking mereka telah meningkat termasuk pelukis Jerman, pemahat, dan desainer Oskar Schlemmer dan pelukis Swiss Paul Klee, bergabung pada tahun 1922 oleh pelukis Rusia Wassily Kandindsky. Tahun yang menggemparkan di Bauhaus, 1922 juga melihat pindahnya pelukis Belanda Theo van Doesburg ke Weimar untuk mempromosikan De Stijl, dan berkunjung ke Bauhaus dengan konstrukstivis Rusia dan arsitek El Lissitzky.

Dari tahun 1919 sampai 1922 sekolah dibentuk ole ide-ide yang berhubungan dengan pendidikan dan ide estetik dari Johannes Itten, yang mengajar Vorkurs atau ‘kursus pendahuluan’ merupakan introduksi ke ide dari Bauhaus. Itten dengan berat dipengaruhi dari cara ia mengajar ide-idenya dan untuk menghormati estetik.

Majalah Bauhaus disebut Bauhaus dan beberapa serinya disebut "Bauhausbücher". Para desainer dibutuhkan dan beberapa tipe baru dari edukasi seni. Filosofi sekolah menyatakan bahwa artis harus dilatih untuk bekerja dengan industri.

Weimar ada di Negara bagian Jerman dari Thuringia, sekolah Bauhaus menerima dukungan dari pengendali social demokrat pemerintah Negara bagian Thuringia. Setelah Bauhaus pindah ke Dessau, sekolah industrial desain dengan guru dan pengajar, sekolah ini dikenal dengan Technical University of Architecture and Civil Engineering, dan pada tahun 1996 diubah namanya menjadi Bauhaus University Weimar.

Dampak

Bauhaus mempunyai dampak utama dari seni dan tren arsitektur di Eropa Utara, Amerika, dan Israel (White City dan Tel Aviv) banyak artis menghilang atau di asingkan sebagai dampak dari rezim Nazi.

Salah satu dari objek utama dari Bauhaus adalah bergabungnya seni, kriya, dan teknologi. Mesin lebih dianggap sebagai elemen yang positif, industri dan desain produk merupakan komponen yang sangat penting. Vorkurs atau kursus dasar telah diajarkan, ini adalah era modern “Desain Dasar” yang telah menjadi kunci fundamental yang menawarkan arsitektural dan sekolah desain ke seluruh dunia. Salah satu kontirbusi penting Bauhuas adalah desain modern arsitektur.

Banyak artis yang terkemuka yang mengajar di Bauhaus, salah satunya adalah Piet Mondrian.

Piet Mondrian.

Dia adalah kontributor penting terhadap perkembangan seni De Stijl (The Style), ia mengembangkan bentuk non-representasional dimana ia beri istilah dengan Neo-Plasticism. Ini terdiri dari jaringan antara horizontal dan vertical yang diberi outline dan penggunaan tiga warna primer.







Para seniman Bauhaus yang terkemuka sedang berdiri di atas atap dari bangunan Bauhaus yang berada di Dessau. Dari ki-ka: Josef Albers, Hinnerk Scheper, Georg Muche, László Moholy-Nagy, Herbert Bayer, Joost Schmidt, Walter Gropius, Marcel Breuer, Vassily Kandinsky, Paul Klee, Lyonel Feininger, Gunta Stölzl and Oskar Schlemmer.


T. Lux Feininger, Sport at the Bauhaus, c. 1927, Vintage print



Lucia Moholy, Bauhaus building Dessau, Balcony of the studio house, 1926, Vintage print


Marianne Brandt, Tea-extract pot, 1924, Brass, silver, ebony

Pegangan dari Arsip Bauhaus meliputi berbagai macam bidang koleksi, disediakan dalam dokumentasi unik tentang sejarah Bauhaus, dan mempermudah kami untuk mengerti hasil yang telah dicapai dalam sekolah yang didominasikan dengan seni, edukasi, arsitektur, dan desain
.




bauhaus archive / museum of design

Gedung museum adalah karya terakhir dari Walter Gropius, penemu Bauhaus. Direncanakan pada tahun 1964 untuk Darmstadt dan dibangun pada tahun 1976-1979 dalam bentuk modifikasi di Berlin. Sekarang, karakteristik siluetnya menjadi salah satu hal yang menonjol di Berlin.


Beberapa gambar tampak gedung Bauhaus:

Bauhaus, Dessau


Balkon Sayap Kiri, Bauhaus, Dessau








Tidak ada komentar: